HUBUNGAN ANTARA KEKOMPAKAN TIM DENGAN PERFORMANCE PADA ATLET SEPAKBOLA



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Manusia diciptakan Tuhan sebagai mahkluk individu sekaligus sebagai mahkluk sosial. Sebagai mahkluk individu manusia bertanggung jawab atas dirinya sendiri, terutama saat berhubungan dengan kepentingan pribadinya sendiri, seperti saat beribadah kepada pencipta-Nya. Sedangkan manusia sebagai mahkluk sosial berarti bahwa sebagai manusia tidak dapat hidup tanpa kehadiran ataupun bantuan dari manusia yang lainnya. Manusia mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup dirinya. Sedangkan manusia tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhannya sendiri. Manusia memerlukan bantuan manusia lain untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk itu manusia perlu berinteraksi atau berhubungan dengan manusia lainnya untuk bekerja sama saling memenuhi kebutuhan hidupnya.
Sebagai mahluk sosial, manusia memang tidak mungkin hidup sendiri tanpa ada orang lain bersamanya, apakah itu dalam keluarga, dalam kehidupan bermasyarakat, dalam lingkungan olahraga dan sebagainya. Dari berbagai studi tentang perilaku dan kepribadian menunjukkan bahwa bentuk perlakuan yang diterima seseorang dalam kelompoknya mempunyai kontribusi yang cukup besar dalam menentukan identitas kepribadian seseorang. 
Begitu pula dalam olahraga, baik atlet, pelatih, official, maupun orang yang terlibat dalam olahraga semuanya saling berinteraksi, berhubungan, berkomunikasi dan bekerja sama karena dalam olahraga semua saling berhubungan dan membutuhkan serta saling mempengaruhi, meskipun olahraga yang dilakukan bersifat olahraga individu. Kekompakan dan kerjasama setiap orang yang berkecimpung dalam dunia olahraga sangat penting. Bakat seorang pemain dapat memenangkan sebuah pertandingan, tetapi kerjasama sebuah tim akan dapat memenangkan sebuah kejuaraan (Jordan, 1994) dikutip dari tulisan (Rizki, 2011). Dari pendapat tersebut menyebutkan bahwa kerjasama sangat penting dalam sebuah tim olahraga untuk mencapai prestasi puncak. Kemampuan yang tinggi yang dimiliki oleh setiap individu dalam sebuah tim tidak cukup untuk memenangkan setiap kejuaraan. Perlu adanya kekompakan, kerjasama dan kerja keras setiap anggota untuk memenangkan sebuah kejuaraan, (Rizki, 2011). Kerjasama dalam tim menjadi sebuah kebutuhan dalam mewujudkan keberhasilan kerja. Kerjasama dalam tim akan menjadi suatu daya dorong yang memiliki energi dan sinergisitas bagi individu-individu yang tergabung dalam kerjasama tim .
Menurut Yuda Muhammad Awaluddin (2013:1) dalam tulisannya mengemukakan bahwa “Olahraga sepakbola adalah permainan yang menekankan kerjasama antar anggota tim yang terdiri atas penjaga gawang, strikerdefender, gelandang”. Kerjasama yang dilakukan didukung oleh kemampuan individu dengan teknik berkualitas, taktik, strategi, dan mental bermain yang baik. Menurut Soedjono (1985: 16) dalam jurnal Imam Mustopa (2015:5) menyatakan bahwa “Pada dasarnya Sepakbola ialah suatu permainan beregu ,oleh karena itu kerjasama regu merupakan tututan permaian sepakbola yang harus dipenuhi oleh setiap kesebelasan yang menginginkan kemenangan”. Senada dengan yang dikemukakan oleh Alan Gibbon dan John Cartwright dalam jurnal Imam Mustopa (2015:5) bahwa “Sepakbola adalah suatu permainan passing dan running dari pola yang sukar diramalkan dan selalu berubah-rubah, menuntut kesadaran yang tinggi dari pemain-pemain dan menuntut suatu kemampuan untuk membuat keputusan yang cepat dan bertindak cepat tanpa menunda-nunda”. Diperkuat oleh pendapat Ibrahim & Komarudin (2007:22) dikutip dari tulisan Yuda Muhammad Awaluddin (2013:1) menyatakan bahwa “Kelompok yang sudah terorganisasi menunjukan kelebihan“. Permainan sepakbola adalah permainan yang lebih mengutamakan permainan kerjasama. Lebih lanjut dijelaskan dalam tulisan Yuda Muhammad Awaluddin (2013:1) bahwa “Tujuan dari bermain sepakbola bagi anggota tim dalam sebuah pertandingan adalah berusaha menguasai bola, memasukan bola ke gawang lawan, dan menjaga agar gawang sendiri tidak kemasukan bola”. Permainan sepakbola merupakan permainan beregu yang membutuhkan kerja sama yang solid antar sesama anggota tim. Seperti yang kemukakan oleh Usli et al (2008:21) bahwa “Seorang pemain sepakbola harus memenuhi syarat yang baik sebagai individu maupuan sebagai anggota tim”. Kohesivitas atau yang secara sederhana disebut dengan kekompakan sangatlah di butuhkan dalam olahraga beregu salah satunya dalam sepakbola . Kekompakan menjadi hal pokok bagi sebuah tim untuk mencapai prestasi maksimal
Dalam tulisan Halimatur Sakdiah dan Tripuji Astuti (:1) yang mengemukakn bahwa “Peringkat prestasi olahraga di Indonesia khususnya pada cabang olaraga beregu memang mengalami penurunan dari tahun ke tahun”. Cabang olahraga sepak bola misalnya, tahun 2013 Tim Nasional Indonesia berada di peringkat 162 menurut Federation International Football Association (FIFA). Peringkat Indonesia ini masih berada di bawah negara-negara Asia lain, (Arief, 2013). Banyak faktor yang menjadi penyebab menurunnya prestasi olahraga Indonesia, khususnya dalam cabang olahraga beregu. Merosotnya prestasi olahraga nasional karena sebagian besar induk olahraga melakukan cara-cara yang instan untuk menciptakan prestasi, Rumeser (Hari, 2013) dikutip dari tulisan Halimatur Sakdiah dan Tripuji Astuti. Proses pembinaan mental atlet tidak difokuskan sehingga atlet hanya berlatih untuk meningkatkan ketrampilan (skill). Pembinaan atlet saat ini belum berfokus pada faktor-faktor psikologis seperti kemampuan kerjasama dan motivasi, sebagai bagian yang penting dalam meningkatkan prestasi olahraga nasional. 
Menurut Mas Wigrantoro Roes Setyadi dan Manerep Pasaribu (2005:3) dalam tulisannya mengemukana bahwa “Kekompakan dalam sebuah tim merupakan fondasi utama bagi suksesnya sebuah organisasi”. Diperkuat oleh pendapat Greenberg dan Baron (2003:273) yang mengemukakan bahwa “Pemikiran yang mendasari kekompakan yakni setiap orang yang bekerja menginginkan kesuksesan dari apa yang direncanakan dan diharapkan”. Ada yang diraih atas usaha seorang diri dan lebih banyak lagi yang meraih kesuksesan karena bekerja bersama dengan orang lain dalam sebuah kelompok kerja. Dalam group-group ini kebutuhan-kebutuhan manusia seperti persahabatan, penerimaan dan penghargaan serta penemuan identitas diri dipuaskan dan ternyata banyak hal dalam dunia yang dilaksanakan dalam group atau organisasi, Covey (2005) dikutip dari tulisan Mas Wigrantoro Roes Setyadi dan Manerep Pasaribu (2005:3). 
 Kelompok yang didalamnya berada individu dan berinteraksi makin bertambah luas dan banyak seiring pertambahan usia, luas lingkup pergaulan dan jumlah kebutuhan kita.  Robert S. Weinberg dan Daniel Gould (2003:156) bahwa “Kerjasama tim adalah inti dari kehidupan, jika ada satu hal yang di otoritaskan, yaitu bagaimana memadukan bakat dan kekuatan individu menjadi kekuatan yang menjadi lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya”. Kebutuhan akan pentingnya mengetahui dan memahami dinamika kelompok atau proses-proses interaksi yang terjadi di dalam kelompok semakin hari semakin meningkat. 
Pembinaan tim bertujuan untuk mencapai puncak penampilan dan prestasi yang setinggi-tingginya, dengan tetap menghindari kemungkinan-kemungkinan terjadinya dampak-dampak yang bersifat negatif dalam ikatan timDalam benak semua orang pasti pernah berfikir bagaimana cara mempererat kebersamaan dan kekompakan. Berbagai cara telah dilakukan agar suatu kekerabatan menjadi lebih kompak, tentunya  semua orang mempunyai versi yang berbeda untuk itu. Kekompakan mengacu pada kekuatan, baik positif maupun negatif, yang menyebabkan para anggota menetap dalam suatu kelompok. Kekompakan merupakan suatu karateristik kelompok sebagai suatu kesatuan. Semua ini berkaitan dengan tingkat keterikatan individual yang dimiliki setiap anggota kelompok.
Prestasi puncak sebuah tim perlu di dukung oleh kebersamaan para anggota tim sendiri. Dibutuhkan kerja keras bersama seluruh anggota sebuah tim untuk dapat mencapai prestasi puncak yang dapat diraih oleh tim sendiri. Meskipun untuk membuat sebuah kekompakan, kebersamaan, kerjasama, komitmen bersama yang baik dalam sebuah tim tidaklah mudah, karena setiap anggota tim memiliki kemampuan, perilaku, sifat, karakter, tugas, kewajiban, kebutuhan, harapan, kepentingan, bahkan masalah yang berbeda-beda, (Rizki, 2011). Semuanya membutuhkan saling pengertian dan pengorbanan dari anggota tim. Semakin banyak anggota tim akan semakin kompleks pula untuk membangun kerja sama dan kebersamaan dalam tim. Semakin banyak anggota tim, komunikasi, interaksi dalam tim akan semakin kompleks pula. Intensitas dinamika tim sendiri akan semakin besar.
Didalam tim sepakbola tentunya ada salah seorang pemain yang mempunyai kemampuan individu yang baik, namun kemampuan individu itu tidak menjamin sebuah tim dapat memenangkan sebuah kejuaraan. Menurut Imam Mustopa (2015:6) mengemukakan bahwa “Permainan kolektifitas timlah yang sangat dibutuhkan dalam olahraga beregu salah satunya adalah sepakbola”. Untuk menuju permainan tim tentunya dibutuhkan yang namanya kohesivitas tim.
Dari penjelasan para ahli dapat disimpulkan bahwa kekompakan dalam tim sangat diperlukan dan merupakan sebuah kebutuhan sebagai makhluk sosial, terkhusus dalam bidang olahraga, membangun dan meningkatkan efektifitas sebuah tim menjadi tim yang solid merupakan hal yang sangat mutlak adanya. Melalui makalah yang sederhana ini penulis mengkaji perbedaan antara kelompok dan tim serta hubungan antara kekompakan tim dengan motivasi dan performance atlet sepakbola.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas dapat dirumuskan beberapa masalah yaitu;
1. Apa perbedaan antara kelompok dan tim?
2. Bagaimanakah proses perkembangan kelompok menjadi sebuah tim?
3. Bagaimanakah hubungan antara kekompakan tim dan motivasi berprestasi atlet sepakbola?
C. Tujuan penulisan
Tujuan dalam penulisan makalah ini yaitu:
1. Untuk mengetahui perbedaan antara kelompok dan tim.
2. Untuk mengetahui proses perkembangan kelompok menjadi tim.
3. Untuk mengetahui hubungan antara kekompakan tim dan motivasi berprestasi atlet sepakbola
BAB II
PEMBAHASAN
A. Perbedaan Kelompok Dan Tim
Kata kelompok dan tim secara bergantian diucapkan dalam percakapan sehari-hari, khusus dalam bidang olahraga, seolah-olah kedua ungkapan itu sinonim adanya. Tetapi sesungguhnya tidak demikian. Memang ada kesamaan antara kelompok dan tim, tetapi seiring dengan kesamaan ada juga perbedaan antara kedua ungkapan tadi. Bab ini dimaksudkan untuk membahas persoalan tadi secara lebih rinci.
1. Kelompok 
Menurut Robert S. Weinberg dan Daniel Gould (2003:157) mengemukakan bahwa “Kelompok adalah pertemuan atau kumpulan dari dua orang atau lebih yang berbeda tetapi ingin berbagi pengalaman, saling memberi dan menerima pengaruh untuk waktu yang lama, serta bekerja untuk tujuan yang sama”. Anggota kelompok berbagi informasi, membuat keputusan, menolong satu sama lain, tetapi memproduksi output dalam tanggung jawab individu. Kelompok terdiri atas individu-individu yang bekerja bersama, dan tidak selamanya harus membentuk diri dalam satu tim.
Menurut Robert S. Weinberg dan Daniel Gould (2003:159) yang mengemukakan bahwa “Setiap kelompok mengembangkan struktur sendiri, yang mulai muncul bahkan pada pertemuan pertama kelompok. Struktur kelompok tergantung pada interaksi anggotanya, bagaimana mereka memandang satu sama lain dan apa yang mereka harapkan dari diri mereka sendiri dan satu sama lain. Untuk sekelompok individu untuk menjadi tim yang efektif yang paling penting adalah peran kelompok dan norma-norma kelompok .
a) Peran Kelompok
Robert S. Weinberg dan Daniel Gould (2003:159) dalam bukunya menyataka “Sebuah peran diberikan kepada anggota tim disesuaikan dengan posisinya di dalam grup. Sebagai contohseorang guru, orang tua, pelatih atletik, eksekutif perusahaan, dan tenaga kesehatan profesional memiliki peran yang spesifik yang sesuai dengan keahliannya dan masyarakats. Seperti seorang pelatih yang bertugas untuk melatih, membuat program latihan, dan berhubungan dengan official sekolah serta menjadi contoh yang baik. Robert S. Wienberg dan Daniel Gould (2003:160-162) )membagi 4 peran kelompok yaitu sebagai berikut:
1) Peran Formal dan Informal
Sebuah tim Seperti grup yang lainnya memiliki peran formal dan informal. Peran formal memerintah struktur dari organisasi secara alami. Pelatih, kapten tim, pemimpin latihan, adalah contoh spesifik pelaku peran formal di dalam olahraga atau latihan. Point Guard di basket, Set upper dalam bola voli, kiper di hoki, dan posisi formal lainnya memiliki peran spesifik di dalam tim. Peran informal berfungsi untuk menyusun interaksi diantara anggota grup. Fungsi lain dari peran informal tim adalah sebagai mediator, mediator antara pemain dengan rekan satu tim atau pemain dengan pelatih. Sebagai contoh, pemain terbaik selalu menjadi starter atau pemain inti, sedangkan pemain yang bertugas untuk menjaga keharmonisan tim adalah pemain senior atau pemain lainnya. Dua tipe peran di dalam tim akan selalu ada di dalam sebuah grup atau sebuah tim. Peran formal berjalan dalam struktur organisasi, peran informal berfungsi di dalam dinamika grup dan tim. 
2) Kejelasan Peran
Di dalam sebuah tim dan grup, semua anggota memiliki peran yang harus dijalankan dengan maksimal. Semua anggota juga harus mengetahui, paham, dan mau menerima apa saja yang menjadi perannya. Kejelasan peran dalam tim yang mampu dipahami, diterima dan dijalankan oleh semua anggota dengan baik dan maksimal dapat menunjang prestasi tim dan grup.
Menurut Harsono (1988:79) mengemukakan bahwa “Seringkali suatu tim atau atlet tidak berlatih dengan sungguh-sungguh, atau kurang motivasinya untuk berlatih disebabkan karena tujuan atau sasaran yang jelas untuk apa tim atau atlet itu berlatih”. Hal ini seringkali juga disebabkan oleh para pelatih sendiri yang tidak secara jelas menerangkan kepada para atlet tujuan berlatih yang akan diberikan, ke mana para atlet akan dibawa dan apa yang diharapkan pada akhir latihan. Oleh karena itu, dipertegas oleh Harsono (1988:79) bahwa “Menetapkan sasaran atau prognosis dan mengajarkan kepada atlet bagaimana menetapkan sasaran-sasaran latihan adalah penting”.
Beberapa alasan mengapa penentuan sasaran adalah penting bagi atlet, yaitu sebagai berikut, (Harsono, 1988). 
a) Penentuan sasaran akan membantu atlet dalam mencurahkan perhatiannya pada sasaran-sasaran yang akan dicapai yang akan menambah konsentrasi, usaha, motivasi serta semangat atlet untuk berlatih.
b) Jika ada sasaran, atlet akan pula dapat mengatur rencana kegiatannya, langkah-langkah, siasat serta usaha-usahanya untuk mencapai sasaran tersebut.
c) Secara mental, atlet akan merasa berkewajiban dan terikat untuk mencapai sasaran tersebut.
d) Dengan adanya sasaran, atlet akan terdidik atau akan dapat mendidik dirinya sendiri untuk memaksa diri mencapai sasaran tersebut dan percaya diri bahwa dia sanggup untuk mencapai sasaran tersebut. Sikap merupakan yang perlu ditanamkan dan dikembangkan pada diri atlet dalam usaha kita membentuk kepribadiannya. 
3) Penerimaan Peran 
Penerimaan peran juaga menjadi hal yang penting di dalam sebuah tim. Pemain yang tidak dapat menerima dan menjalankan perannya di dalam tim tidak akan bisa memberikan kontribusi yang maksimal. Pelatih dapat membantu pemain untuk mau menerima perannya di dalam tim dengan meminimalkan perbedaan status peran dan menegaskan keberhasilan yang didapat tim ditentukan atau berkat kontribusi setiap pemain.
4) Konflik peran
Konflik peran ada jika kehadiran persetujuan di dalam tujuan yang diinginan atau hasil tidak cukup memiliki kemampuan, motivasi, waktu atau pemahaman untuk mencapai tujuan.
b) Norma-Norma Kelompok
Norma adalah level penampilan, pola perilaku, atau keyakinan. Individu selalu menerima tekanan untuk dapat menerima norma grupnya. Sebagai contoh adalah seorang pemain baru awalnya tidak terlalu intim dengan pemain-pemain senior. Di dalam tim olahraga norma mungkin meliputi latihan perilaku, pakaian, potongan rambut, interaksi antara pemain pendatang baru dengan pemain lama atau siapa yang memegang kontrol saat situasi kritis. Dalam buku Robert S. Weinberg dan Daniel gould (2003:162-163) membagi 3 norma kelompok yaitu “Norma untuk produktifitas, norma positif dan modifikasi norma tim”.
a) Norma Untuk Produktifitas
Norma produktifitas dapat digunakan sekaligus di dalam kebugaran dan pengaturan olahraga. Sebagai contoh adalah latihan seorang juara akan dicontoh oleh atlet lain dengan tujuan agar dapat mencapai prestasi yang sama baik oleh rekan ataupun lawannya.
b) Norma Positif
Karena norma memiliki efek yang kuat dalam perilaku, penting sekali bagi pelatih, guru, memimpin latihan untuk menyusun standar norma positif grup. Metode yang bagus untuk membuat norma positif dalam tim adalah dengan memposisikan pemimpin sebagai sebuah contoh.
c) Modifikasi Norma Tim
Norma sebuah tim harus dirubah atau dimodifikasi saat ada dua pendapat yang berbeda yang dipertimbangkan yaitu sumber komunikasi yang digunakan untuk merubah norma dan komunikasi yang alami. 
2. Tim 
Menurut Robert S. Weinberg dan Daniel Gould (2003:157) mengemukakan bahwa “Merupakan suatu tipe grup yang dapat didefinisikan sebagai sejumlah kecil orang (a small number of people) dengan keterampilan (skill) yang saling melengkapi, yang berkomitmen pada satu maksud bersama, mengarah pada tujuan yang tertentu, dan pendekatan yang serupa yang mengikat dan mempersatukan setiap individu dalam tanggung jawab secara mutual”. 
Anggota kelompok dan anggota tim memiliki beberapa karakteristik yang sama, namun menurut Robert S. Weinberg dan Daniel Gould (2003:157) mengemukakan bahwa “Fitur kunci yang membedakan tim dari sekelompok individu adalah interaksi antara para anggotanya, terutama yang berkaitan dengan tujuan bersamaEssensinya adalah anggota tim harus bergantung pada dan mendukung satu sama lain dalam mengejar tujuan bersama.
Stephen P. Robbins melakukan pembedaan antara Kelompok Kerja dengan Tim Kerja berdasarkan 4 variabel yaitu: Sasaran, Sinergi, Akuntabilitas, dan Keahlian. Perbedaannya dapat dilihat dalam skema-skema dikutip dari tulisan Seta Basri (2011:11). 
Gambar 1. Perbedaan Kelompok dan Tim                             Sumber : Seta Basri (2011:11)

Sementara itu, penulis lain seperti Laurie J. Mullins membedakan Kelompok dan Tim berdasarkan 6 variabel yaitu: Ukuran, Seleksi, Kepemimpinan, Persepsi, Gaya, dan Semangat dikutip dari tulisan Seta Basri (2011:12). 
Tabel 1. Taksonomi Beda Variabel Tim dan Kelompok versi Robbins
Variabel
Tim
Kelompok
Ukuran
Terbatas
Medium dan Besar
Seleksi
Krusial
Imaterial
Kepemimpinan
Berbagi atau dirotasi
Solo
Persepsi
Pemahaman pengetahuan saling melengkapi
Fokus pada pemimpin
Gaya
Peran koordinasi yang tersebar
Konvergensi, konformisme
Semangat
Interaksi dinamis
Kebersamaan mengalahkan musuh
   Sumber : Seta Basri (2011:12)
Perbedaan kelompok dan tim dapat diuraikan secara lebih jelas dan terperinci sebagia berikut:
a) Kelompok
1) Anggota menganggap pengelompokkan semata-mata untuk kepentingan administratif. Individu bekerja secara mandiri, dan terkadang berbeda tujuan dengan individu lainnya.
2) Anggota cenderung memperhatikan diri sendiri karena tidak dilibatkan dalam penetapan sasaran, terkadang pendekatannya hanya sebgai tenaga bayaran. 
3) Aggota diperintah untuk mengerjakan pekerjaan, bukan dimintai saran untuk mencapai sasaran terbaik.
4) Anggota tidak percaya pada motif rekan-rekan kerjanya, karena tidak memahami peran anggota lainnya, menyatakan pendapat atau menyampaikan kritik dianggap sebagai upaya memecah belah
5)  Anggota kelompok sangat berhati-hati dalam menyampaikan pendapatnya, karena toleransi masih kurang.
6) Apabila menerima pelatihan yang memadai dalam penerapannya sangat dibatasi oleh pemimpin. 
7) Anggota berada dalam suatu konflik tanpa mengetahui sebab dan cara pemecahan masalah. 
8) Anggota tidak didorong untuk ikut ambil bagian dalam pengambilan keputusan. 
b) Tim 
1) Anggota menyadari ketergantungan diantara angota masing-masing dan memahami bahwa sasaran pribadi maupun tim paling baik dicapai dengan cara saling mendukung. Waktu akan sangat efektif karena masing-masing individu memahami dan tidak mencari keuntungan di atas anggota tim yang lain. 
2) Anggota tim ikut merasa memiliki pekerjaan dan organisasinya (sense of belonging) karena seiap individu memiliki komitmen terhadap sasaran yang akan dicapai. 
3) Anggota memiliki kontribusi terhadap keberhasilan organisasi. 
4) Anggota bekerja dalam suasana saling percaya dan didorong untuk mengungkapkan ide, pendapat, ketidaksetujuan serta mencetuskan perasaan secara terbuka, serta pertanyaan yang muncul akan disambut dengan baik. 
5) Anggota menajlankan komunikasi dengan tulus, serta saling memahami sudut pandang masing-masing. 
6) Para anggota didorong untuk menambah keterampilan dan menerapkan dalam tim, serta menerima dukungan penuh dalam tim.          
7) Menyadari bahwa konflik dalam tim merupakan hal yang wajar, karena dengan konflik merupakan kesempatan untuk mengembangkan ide dan kreatifitas, apabila terjadi suatu konflik akan diselesaikan secara konstruktif. 
8)  Anggota berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi tim, meskipun setiap individu menyadari bahwa keputusan tetap di tangan pemimpin apabila tim menemui jalan buntu, tujuannya adalah memperoleh hasil yang positif.
B. Perkembangan Kelompok Menjadi Sebuah Tim
Sama seperti manusia, kelompok juga memiliki sejarah. Kelangsungan hidupnya bergantung pada kualitas kerja sama dan hasil yang dicapai. Untuk itu tujuan, power dan kedekatan antar anggotanya perlu dijaga secara saksama. Sekelompok individu tidak selalu dari tim, meskipun semua tim adalah kelompok, tidak semua kelompok dapat dianggap tim. Pada umumnya, sebuah tim adalah sekelompok orang yang harus berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama. Pada kenyataannya, sebagian besar definisi tim menggabungkan elemen fundamental dari saling ketergantungan dari anggota tim dan tujuan bersama (O'Brien , 1995). Menjadi sebuah tim adalah benar-benar sebuah proses evolusi. Tim terus berkembang, berubah, dalam upaya mereka untuk menanggapi baik faktor internal dan eksternal.
Menurut Robert S. Weinberg dan Daniel Gould (2003:158) mengemukakan bahwa “Dalam upaya untuk mempelajari pengembangan tim, orang telah mengajukan teori yang berbedaDasarnya teori ini jatuh ke dalam salah satu dari tiga kategori yaitu:
1) Kelompok berkembang secara bertahap atau secara linear (teori linear)
Perspektif linear memiliki asumsi adalah bahwa kelompok bergerak progresif melalui berbagai tahap. isu-isu kritis timbul dalam setiap tahap, dan ketika isu-isu yang berhasil ditangani, kelompok bergerak. mungkin contoh paling populer dari model linier diajukan oleh Bruce Tuckman (1965). Tuckman mengusulkan bahwa semua kelompok melalui empat tahap ketika mereka mengembangkan dan mempersiapkan diri untuk melaksanakan kelompok tugas, yaitu sebagai berikut:
a) Tahap pertama adalah Forming
Pada tahap pertama ini setiap anggota tim belajar untuk membiasakan diri dengan anggota tim lainnya.
b) Tahap kedua adalah Storming
Pada tahap ini yang dilakukan adalah memberikan karakter tim melalui daya tahan seorang pemimpin, daya tahan dalam mengontrol grup, dan konflik antar anggota.
c) Tahap ketiga adalah Norming.
 Pada tahap ketiga ini adalah pergantian atau digantikannya permusuhan dengan solidaritas antar anggota tim dan saling bekerja sama. Setiap konflik harus diselesaikan atau dapat dipecahkan, dan perasaan bersatu mulai terbangun.
d) Tahap keempat adalah Performing
Di dalam tahap terkhir ini setiap anggota tim bersama-sama menyumbangkan energinya demi kesuksesan tim. Fokus tim adalah memecahkan masalah menggunakan proses grup dan hubungan untuk bekerja dan mengetes ide baru. Persoalan terstruktur terselesaikan, hubungan antar personal menjadi stabil, dan setiap peran dapat dilakukan dengan jelas.
2) Kelompok mengikuti pola siklus (teori siklus)
Model siklus hidup ini berasumsi bahwa pembentukan sebuah grup mirip dengan siklus hidup seorang manusia. Manusia dilahirkan, tumbuh dan berkembang, serta meninggal. Model ini hanya relevan dengan grup dalam aktivitas jasmani yang bersifat sementara atau latihan.
3) Kelompok berkembang dalam pendulum seperti cara (teori pendular ) .
Dalam model perspektif pendular ini berlawanan dengan model perspektif linear. Dalam model perspektif pendular ini beranggapan bahwa grup tidak bergerak dan berkembang melalui tahapan-tahapan agar semakin menjadi sempurna tetapi melalui pembentukan yang instan. Sebagai contohnya adalah persiapan latihan tim basket Universitas Indiana dalam menghadapi musim pertandingan. Tahapan yang dilakukan adalah:
a) Tahap pertama adalah Orientasi
Kohesi dan perasaan bersatu tinggi, para atlet mengungkapkan memberikan berbagai pikiran perasaan, kecemasan dan aspirasi.
b) Tahap kedua adalah Perbedaan dan konflik.
Fisik dan psikologi tim dibagi kedalam unit yang lebih kecil. Konflik kerap kali timbul saat atlet bertanding memperebutkan posisi dalam tim 
c) Tahap ketiga adalah Kesepakatan dan kohesi.
 Kohesi bertambah saat anggota grup memberikan pikiran perhatian dan perbaikan perasaan untuk bertukar pikiran.
d) Tahap kelima adalah Perbedaan dan konflik.
 Persatuan dalam tim melemah saat berbagai individu diberikan hadiah atau hukuman, cara mengeluarkannya dari tim.

e)  Tahap kelima adalah Penghentian
Jika dalam musim pertandingan mengalami kesuksessan. Perasaan kohesi akan tinggi, jika dalam musim pertandingan mengalami kegagalan perasaan kohesi akan menjadi rendah.
C. Dinamika Kelompok
Dinamika kelompok merupakan suatu kelompok yang terdiri dari dua atau lebih individu yang memiliki hubungan psikologi secara jelas antara anggota satu dengan yang lain yang dapat berlangsung dalam situasi yang dialami secara bersama serta dapat bekembang, bergerak dan selalu berubah-unah. Dinamika kelompok juga dapat didefinisikan sebagai konsep yang menggambarkan proses kelompok yang selalu bergerak, berkembang dan dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang selalu berubah-ubah. Oleh karena itu kelompok yang terbentuk bersifat dinamis, artinya setiap saat dalam suatu kelompok dapat berubah. Sedangkan kelompok adalah kumpulan orang-orang yang merupakan kesatuan sosial yang mengadakan interaksi yang intensif dan mempunyai tujuan bersama. Dinamika tim dan grup olahraga dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah: 
1) Kohesivitas
Tingkat kohesivitas suatu tim dan grup olahraga dapat dilihat langsung dari perilaku para anggotanya. Dalam proses pembentukan tim olahraga tampak intensitas keterlibatan atlet dalam kegiatan tim, arahan pilihan atlet, nilai-nilai atau tradisi yang dianut oleh tim dan sebagainya. Suatu tim olahraga yang dinamis biasanya hidup dan menunjukkan vitalitas, interaksi, dan aktivitas. Vitalitas suatu tim olahraga biasanya direfleksikan dalam banyak cara, kadang positif kadang negatif. Demikian juga komitmen untuk mencapai tujuan tim baik jangka panjang maupun jangka pendek terjadi berbagai variasi, kadang kuat kadang lemah. Dalam olahraga tim, kohesi memiliki banyak pengaruh untuk menjadikan tim tersebut sukses. Semakin tinggi kohesivitas tim, maka semakin tinggi pula level performa atlit dalam tim tersebut (Ramzaninezhad & Keshtan, 2009) dikutip dari tulisan (Dianita Luschinta, 2015).
Dalam buku Robert S. Weinberg and Daniel Gould (2003:189) mengemukakan bahwa “Sekarang psikolog olahraga lebih memahami sifat kohesi kelompok dan kinerja selanjutnya, beberapa peneliti telah mulai fokus pada intervensi khusus untuk meningkatkan kohesi dalam olahraga dan latihan kelompok. Senada dengan yang dikemukakan oleh Dianita Luschinta (2015) dalam tulisannya bahwa “Naik turunnya prestasi sebuah tim dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya terjadi akibat adanya kondisi kohesivitas tim yang rendah. Kohesi memberikan banyak fungsi dan perkembangan bagi sebuah tim, khusunya sepakbola yang merupakan salah satu olahraga tim, (Dianita Luschinta, 2015).
 Turman (2003) mengemukakan kohesi juga dapat memberikan dorongan tersendiri bagi para anggota tim untuk lebih baik pada setiap pertandingan dan mencapai tujuan tim, (Dianita Luschinta, 2015). Level kohesi pada sebuah tim akan memberikan pengaruh pada anggota tim tersebut melalui perilakunya. Penting bagi sebuah tim untuk mempertahankan kohesivitas tim dalam keadaan yang baik agar dapat membentuk sebuah tim yang sukses (Turman, 2003) dikutip dari tulisan (Dianita Luschinta, 2015). Carron (1980) menyatakan bahwa sebuah tim yang memiliki kohesivitas yang tinggi memiliki karakteristik antara lain, identitas secara kolektif, adanya keterbukaan dalam mengungkapkan tujuan kelompok, dan adanya komunikasi yang terstruktur antar anggotanya. 
Dalam sebuah tim sepakbola selalu ada individu yang keluar dan masuk hampir pada setiap jeda kompetisi. Masing-masing anggota tim harus selalu menyadari peranannya untuk bersama-sama mencapai tujuan tim (Walgito, 2007). Kerja sama dalam tim tersebut menjadi salah satu interaksi yang termasuk dalam kohesi. Bagaimana kohesi dapat membuat kondisi tim menjadi lebih solid, mampu menampilkan performa tim yang bagus, hingga nantinya akan menorehkan prestasi yang bagus juga untuk tim (Turman, 2003).
Carron (1982) dalam buku Robert S. Weinberg and Daniel Gould (2003:177-180) juga menjelaskan bahwa “Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi persepsi terhadap kohesi, yaitu environmental, personal, tim, dan leadership”. 
a) Faktor lingkungan
Faktor lingkungan merupakan faktor yang mendukung terjadinya kekompakan tim. Dalam faktor lingkungan situasi kedekatan diri (fisik) di kehidupan sehari-hari dapat menjadikan antar individu semakin dekat. Dengan seringnya seseorang menghabiskan waktu bersama-sama maka itu akan lebih cenderung kompak. Penelitian telah menunjukkan bahwa tim menghabiskan lebih banyak waktu bersama-sama di kamp pelatihan lebih cenderung menjadi sangat kompak (Rainey dan Schweickert 1988) dalam Hagger and Nikos. (2005).
b) Faktor individu
Faktor individu menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya kekompakan tim.Setiap anggota tim mempunyai kemampuan, sifat, perilaku, keinginan, masalah dan tugas yang berbeda beda. Interaksi ini menimbulkan terjadinya sebuah dinamika tim dan grup sendiri. Sering dalam tim terjadi perbedaan pendapat, perselisihan bahkan pertengkaran antar anggota. Tentunya hal ini dapat memberi pengaruh negatif terhadap tim yang dapat mempengaruhi prestasi tim sendiri. Oleh karena itu diperlukan kebersamaan, saling pengertian dan kerjasama dalam tim agar terjadi iklim positif di dalam tubuh tim yang dapat menunjang prestasi.
Faktor individu mencerminkan adanya kekuatan dari masing-masing anggota tim untuk mencapai tujuan bersama dan memotivasinya untuk berhasil mencapai tujuan tersebut. Motivasi merupakan salah satu kunci agar atlet atau tim olahraga dapat berprestasi maksimal. Sedangkan kekompakan dapat menjadi salah satu pendorong motivasi menjadi lebih besar. Motivasi juga menyangkut masalah ketertarikan atlet sebagai tim terhadap kehidupan tim, seperti dorongan menyatu dalam tim, semangat untuk mencapai tujuan bersama, orientasi terhadap tim, dorongan untuk memenuhi kebutuhan dalam tim, dan kerjasama dalam tim. Yang semuanya itu akan berdampak pada kepuasaan dari seluruh anggota tim.
c) Faktor tim
Setiap tim memiliki sebuah struktur atau susunan tertentu yang disesuaikan dengan tugas dan kewajibannya atau sesuai dengan posisinya. Agar dalam sebuah grup individu dapat menjadi sebuah tim yang efektif penting untuk membentuk struktur yang memiliki karakter.
d) Faktor pemimpin
Kepemimpinan dalam tim terlihat dalam gaya-gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh pelatih (salah satunya) dalam tim, filosofis pemimpin, pengambilan keputusan, pembagian tugas, dan wewenang dalam tim. Kepemimpinan dalam tim sebagian besar atau seringkali dipegang oleh seorang pelatih atau manjer dan kapten tim sendiri. Gaya kepemimpinan berpengaruh dalam dinamika tim karena dapat menimbulkan reaksi yang beraneka ragam dalam tubuh tim atau setiap anggotanya.
Berarti faktor kepemimpinan dapat mempengaruhi kekompakan langsung maupun tidak langsung dan memiliki potensi untuk mempengaruhi kekompakan kelompok. Dalam hal ini, yang menjadi pemimpin (pelatih, kapten, manajer) mempunyai tanggung jawab yang besar untuk memotivasi anggotanya atau atletnya sehingga mereka bisa dan merasa mampu mengemban tugasnya dengan baik.Pemimpin yang efektif adalah seseorang yang dapat menjadikan anggotanya merasa kebutuhannya dapat terpenuhi, dan dirinya sendiri merasa anggotanya dapat memenuhi kebutuhannya
Dalam penelitian yang dilakukan oleh Brawley dkk (1988), Prapavessis dan Carron (1997), Widmeyer dkk (1988), diperoleh bahwa atlit-atlit yang memiliki persepsi kohesivitas timnya sudah baik akan lebih suka menjalankan latihan dengan tepat waktu, menyukai menu latihan dan game yang diberikan pelatih, (Dianita Luschinta, 2015). Selain itu faktor lingkungan merupakan salah satu faktor yang mendukung terjadinya kekompakan tim. Dalam faktor lingkungan situasi kedekatan diri (fisik) di kehidupan sehari-hari dapat menjadikan antar individu semakin dekat. Dengan seringnya seseorang menghabiskan waktu bersama-sama maka itu akan lebih cenderung kompak. Penelitian telah menunjukkan bahwa tim menghabiskan lebih banyak waktu bersama-sama di kamp pelatihan lebih cenderung menjadi sangat kompak (Rainey dan Schweickert 1988) dalam tulisan (Dianita Luschinta, 2015). Lebih lanjut Menurut Yukl (1998) dalam jurnal M. Bachroni (2011:43) menyatakan bahwa “Kohesivitas tim biasanya lebih kuat pada kelompok kecil, keanggotaan yang stabil, ada interaksi antar anggota yang teratur, setiap anggota memiliki bagian yang sama terhadap tujuan, memiliki nilai dan latar belakang yang sama serta tim memiliki kedudukan yang baik dalam masyarakat. 
2) Motivasi anggota
Motivasi merupakan salah satu kunci agar atlet atau tim olahraga dapat berprestasi maksimal. Sedangkan kekompakan dapat menjadi salah satu pendorong motivasi menjadi lebih besar. Motivasi juga menyangkut masalah ketertarikan atlet sebagai tim dan grup terhadap kehidupan tim dan grup sendiri, seperti dorongan menyatu dalam tim dan grup, semangat untuk mencapai tujuan bersama, orientasi terhadap tim, dorongan untuk memenuhi kebutuhan dalam tim, dan kerjasama dalam tim. 
3) Struktur tim dan kelompok 
Struktur tim dan kelompok terlihat pada bentuk-bentuk pengelompokan, bentuk dan pola hubungan sosial yang terjadi dalam tim khusus untuk memahami pola hubungan sosial, perbedaaan kedudukan antar anggota tim, pembagian tugas dan kewajiban, pekerjaan, wewenang dalam tim dan sebagainya. 
4) Kepemimpinan dalam tim dan kelompok
 Kepemimpinan dalam tim tercermin dalam gaya-gaya kepemimpinan yang dianut atau dipraktekkan dalam tim, filosofis pemimpin, pengambilan keputusan, pembagian tugas, dan wewenang dalam tim. Kepemimpinan dalam tim sebagian besar atau seringkali dipegang oleh seorang pelatih atau manjer dan kapten tim sendiri. Gaya kepemimpinan berpengaruh dalam dinamika tim karena dapat menimbulkan reaksi yang beraneka ragam dalam tubuh tim atau setiap anggotanya. 
Menurut Harsono (1988:6) mengemukakan bahwa “Pelatih harus menjadi seorang individu dinamis, yang dapat memimpin dan memberikan motivasi kepada anak-anak asuhannya maupun kepada para pembantunya”. Wibawa pelatih sebagai pemimpin harus tetap dipegang teguh, baik dalam meraih kemenangan gemilang maupun saat menerima kekalahan yang menyayat hati. 
Dalam dunia olahraga dapat kita amati bahwa, meskipun banyak gaya kepemimpinan yang berbeda, banyak pelatih yang ternyata sukses dalam pembinaannya dengan  gayanya masing-masing. Ada pelatih yang seolah-olah dingin dan tidak peduli terhadap para atletnya, ada pelatih yang hangat dan penuh perhatian, ada pula yang keras dan sebagainya. Lebih lanjut Harsono (1988:34) mengemukakan bahwa “ Pada umumnya ada empat jenis gaya kepemimpinan yang standar dan yang dianut oleh para pelatih yaitu, gaya authoritarian (otoriter), gaya demokratis, gaya yang lebih memperhatikan atlet (people centered) dan gaya yang lebih menekan pada tugas (task oriented)”.
5) Perkembangan dalam tim dan kelompok 
Perkembangan tim dapat menentukan kehidupan dan dinamika tim selanjutnya, hal ini terlihat dari perubahan yang terjadi dalam tim. Misalnya adalah senang tidaknya para pemain setelah bergabung di dalam tim, perasaan betah dan kerasan dalam sebuah tim, perpecahan yang terjadi dalam tim yang dapat meyebabkan bubarnya keutuhan sebuah tim.
Mimi Muray, pelatih dari tim Kejuaraan Senam Nasional di Springfield College dan merupakan seorang psikolog yang sangat terkenal mengatakan bahwa para pelatih dapat memelihara kekompakan tim dengan cara sebagai berikut, dikutip dari (Kang Ikal, 2015):
1) Meningkatkan komunikasi secara tetap, terus menerus dan terbuka.
2) Membuat kriteria yang jelas untuk menyeleksi tim.
3) Menekankan pada anggota tim agar membagi pengalamannya pada anggota tim lainnya.
4) Menyusun tujuan tim.
5) Menerima perbedaan individual dan menggunakan kemampuan individu dengan tetap memahami dan menghargai kelemahan masing-masing.
6) Membentuk kelompok-kelompok yang lebih kecil yang bertanggung jawab terhadap kelompok yang lebih besar melalui bimbingan pelatih lain dan/atau anggota tim yang mempunyai rasa tanggung jawab.
7) Menyediakan kesempatan untuk berhasil melalui:
a) Dorongan positif dan negatif
b) Memuji adanya kerjasama yang baik ketika kalah maupun menang
c) Menghargai usaha seluruh anggota tim,tidak hanya usaha perorangan saja.
8) Menyusun tujuan tim yang realistis maupun tujuan individual.
9) Merencanakan tanggung jawab setiap anggota tim terhadap timnya.
10) Tidak mengharapkan apa-apa lagi dari tim selain apa yang diinginkan 
11) Mempertahankan kesadaran interaksi kelompok.
12) Memperhatikan, mendengarkan dan mau menerima kebutuhan dan usul-usul perorangan dan tim.
13) Menentukan proses pemenuhan atau pencapaian tujuan, bukan hanya hasil akhir.
D. Membangun Iklim Tim yang Efektif
Iklim atau suasana di dalam tim dibentuk dari bagaimana pemain saling berinteraksi dengan pemain yang lain di dalam tim itu sendiri. Pelatih tentunya memiliki persepsi mereka sendiri di dalam tim, Persepsi pemain dan evaluasi penyusun iklim tim. Pelatih memegang peranan kunci dalam menciptakan iklim atau suasana didalam tim yang positif. Beberapa faktor dalam iklim tim dapat berubah dengan mudah dari pada yang lain, tetapi dapat mempengaruhi keefektifan fungsi sebuah grup (Zander, 19982). Beberapa faktor yang mempengaruhi iklim di dalam tim adalah:
1) Dukungan yang baik
Dukungan baik sendiri sama dengan pertukaran diantara sumber saat dua individu merasakan melalui pemberi atau penerima, yang akan menjadikan atau untuk mempertinggi kesejahteraan dari penerima dukungan. Sebagai contoh, Mike Krzyewski pelatih bola basket Universitas Duke amerika berpendapat dukungan yang baik dapat meningkatkan kohesivitas dan menciptakan iklim tim yang positif, hal pertama yang dilakukannya saat akan memulai musim kejuaran adalah memastikan setiap pemain berada dalam kondisi yang baik kedalam konsep tim dan saling mendukung satu dengan yang lainnya.
2) Kedekatan
Manusia akan memiliki ikatan jika mereka saling berdekatan satu dengan yang lainnya. Pendekatan fisik sendiri tidak selalu digunakan dalam pembentukan konsep sebuah tim. Kedekatan antar anggota tim sangat penting di dalam membangun kekompakan dan iklim atau suasana positiv di dalam tim. Setiap pelatih melakukan berbagai cara agar setiap pemainnya memiliki kedekatan dengan pemain yang lainnya sebagai sesama anggota tim.
3) Kekhususan
Saat sebuah grup merasa berbeda, perasaan bersatu dan keutuhan bertambah. Maksudnya adalah saat sebuah tim merasa berbeda dengan tim lainnya seperti warna seragam, motto tradisi dan lainnya pemain akan merasa bahwa meraka berbeda dengan tim lainnya tetapi sama dengan rekan se-tim, hal ini dapat membantu pelatih dalam mengembangkan konsep tim.
4) Kejujuran
Komponen penting dalam membangun iklim atau suasana yang positif di dalam tubuh tim adalah adanya saling kepercayaan atau saling percaya diantara anggota tim itu sendiri. Kejujuran akan meningkat kepercayaan di dalam tim kepercayaan antara pemain dengan rekannya, pemain dengan pelatih akan meningkatkan Komitmen, motivasi dan kepuasan hati setiap anggota tim.
Menurut Kazemak dalam Stott dan Walker (1995) dikutip dari jurnal M. Bachroni (2011:42) mengemukakan bahwa “Karakteristik dari tim yang efektif yaitu memiliki tujuan dan sasaran yang dipahami dan disetujui oleh semua anggota, konflik dapat diselesaikan, adanya peran yang jelas antar anggota, masing- masing anggota memahami peran, tanggung jawab dan batasan wewenang, adanya evaluasi secara teratur akan proses dan fungsi mereka, dapat memecahkan masalah dan mengambil keputusan, setiap anggota mendukung prosedur dan kontrol tim, digunakanya kemampuan masing-masing anggota tim, adanya rasa kepercayaan dan komunikasi yang terbuka antar anggota”.  
E. Hubungan Antara Kekompakan Tim Dengan Performance Atlet Sepakbola
Performa atau penampilan setiap inidividu di dalam tim akan mempengaruhi performa tim itu sendiri. Seorang pelatih harus menanamkan pemahaman kepada setiap pemainnya agar mereka untuk bermain bersama sebagai tim yang utuh, atau menjaga kekompakan sebuah tim. Kebanyakan pelatih dan psikolog olahraga berpendapat bahwa grup individu yang terbaik tidak selalu membuat tim yang terbaik. Jose Mourinho saat melatih Inter Milan mengatakan bahwa “Tidak ada bintang di dalam timnya, tetapi tim itu sendirilah yang menjadi bintang. Hal tersebut mengartikan bahwa kekompakan merupakan hal yang lebih penting untuk mencapai prestasi dari pada satu atau dua pemain bintang yang menonjol. Oleh karena itu seorang pelatih harus dapat memaksimalkan penampilan setiap pemainnya di dalam tim dan membuat pemain tersebut sadar bahwa mereka bermain untuk tim, tidak bermain untuk diri sendiri.
 Hasil penelitian yang dilakukan oleh Arisanti dan Wirawan (2010:15), menyatakan bahwa “Motivasi berprestasi merupakan faktor psikologis yang mempengaruhi performance atlet ketika pertandingan. Performance atlet yang baik ketika pertandingan menunjukkan adanya kohesivitas yang dibangun dalam kelompok atlet tersebut. Atlet dengan motivasi berprestasi yang tinggi akan menjaga keutuhan kelompoknya untuk mencapai tujuan bersama. Senada dengan hasil penelitian oleh Muniroh (2013:5) menyatakan bahwa “Atlet juga akan mengembangkan motivasi berprestasi yang baik bila ia berada dalam tim yang memiliki kohesivitas tinggi”. Dukungan dan kerjasama yang dibangun dalam tim dengan kohesivitas tinggi akan memacu para atlet untuk menampilkan performa terbaiknya demi meraih tujaun bersama dalam tim.
Persepsi atlet terhadap kohesivitas timnya akan berpengaruh pada performance atlet ketika bertanding. Atlet yang mempersepsikan kohesivitas kelompoknya secara baik cenderung akan memiliki kepercayaan diri ketika bertanding dan mampu menekan kecemasan yang ia rasakan. Menumbuhkan rasa percaya terhadap rekan satu tim dapat membuat atlet fokus pada permainan untuk mencapai tujuan bersama. Kelompok atlet yang mempersepsikan kohesivitas kelompok dengan baik cenderung akan melakukan kerjasama secara terorganisir. Komunikasi yang mereka lakukan dapat terjalin dengan baik dan mengurangi resiko kesalahan persepsi dalam berkomunikasi. 
Performa pemain menentukan performa tim, apabila seorang pemain melakukan kesalahan dalam suatu pertandingan, hal tersebut dapat berakibat fatal bagi timnya. Ivan Steiner (1972) dikutip dari Kang Ikal (2015) menggambarkan bahwa “Produktivitas yang dihasilkan adalah potensi produktifitas dikurangi kesalahan yang terjadi di dalam proses grup. Teori ini biasa disebut model produktifitas aktuan Steiner. Potensi produktifitas sendiri dalam olahraga adalah kemungkinan performa terbaik atau maksimal yang bisa dilakukan oleh atlet. Penyebab terjadinya kesalahan dalam proses suatu grup sendiri terdapat dua hal yang penting, yaitu:
1)  Motivation losses
Saat anggota tim kehilangan motivasi dan anggota tersebut tidak memberikan kemampuanya 100% kepada tim hal tersebut akan mempengaruhi hasil yang akan dicapai tim sendiri.



2) Coordination losses
Saat kesesuaian waktu dengan rekan setim mati, atau saat sebuah strategi yang tidak baik digunakan sebuah tim. Ini juga dapat menyebabkan terjadinya kesalahan yang dilakukan sebuah tim.
Banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan performa individu dan performa tim. Terutama di cabang tenis, basket, sepakbola, dan bisbol. Di cabang tenis, saat pemain yang superior dipasangkan dengan pemain biasa, pemain yang lebih bagus akan berusaha bermain lebih untuk menutupi kekurangan rekannya. Pemain akan saling melengkapi satu dengan yang lainnya untuk mencapai tujuan bersama. Begitu halnya dalam sepakbola pemain dengan penempatan posisi dan peran masing-masing saling melengkapi untuk mencapai tujuan memasukkan gol sebanyak-banyak ke gawang lawan.
Dalam buku Robert S. Weinberg dan Daniel Gould (2003:168) mengemukakan hasil penelitian seorang peniliti asal Jerman bernama Ringelman yang diteliti oleh kembali Ingham dan kawan kawan. Hasil penelitian yang dikenal sebagai Ringelman Effect ini mengemukakan bahwa terjadi penurunan penampilan rata-rata individu apabila terjadi peningkatan jumlah anggota kelompok, gejala tersebut terjadi karena hilangnya motivasi dan berbaurnya rasa tanggung jawab diantara individu. Efek Ringelman tidak dialami atau terjadi pada semua cabang olahraga, karena interaksi dalam kelompok atau tim olahraga tidaklah sama. Tim dayung misalnya, interaksinya akan berbeda dengan tim estafet lari atau renang, akan lebih berbeda lagi dengan basket dan sepakbola. Senada dengan pendapat Middlebrook (1974) dikutip dari tulisan Rizki (2011) bahwa” Kekompakan akan meningkat jika anggota tim terbatas dan muncul setelah melewati persyaratan tertentu.
Prestasi seorang atlet erat kaitannya dengan motivasi, terutama motivasi untuk berprestasi dan motivasi untuk menjalin kekompakan dalam tim. Tentunya setiap pemain tidak ingin menjadi penyebab kegagalan prestasi timnya akibat lemahnya motivasi yang dimiliki, terkhusus dalam tim sepakbola.


















BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah membahas topik dalam makalah ini maka penulis menyimpulkan secara singkat perbedaan antara kelompok dan tim. Kelompok adalah pertemuan atau kumpulan dari dua orang atau lebih yang berbeda tetapi ingin berbagi pengalaman, saling memberi dan menerima pengaruh untuk waktu yang lama, serta bekerja untuk tujuan yang sama dan tim merupakan suatu tipe grup yang dapat didefinisikan sebagai sejumlah kecil orang (a small number of people) dengan keterampilan (skill) yang saling melengkapi, yang berkomitmen pada satu maksud bersama, mengarah pada tujuan yang tertentu, dan pendekatan yang serupa yang mengikat dan mempersatukan setiap individu dalam tanggung jawab secara mutual
Olahraga sepakbola adalah permainan yang menekankan kerjasama antar anggota tim yang terdiri atas penjaga gawang, strikerdefender, gelandang”. Kerja sama yang dilakukan didukung oleh kemampuan individu dengan teknik berkualitas, taktik, strategi, dan mental bermain yang baik. Ibrahim & Komarudin (2007:22) menyatakan bahwa “Kelompok yang sudah terorganisasi menunjukan kelebihan“. Permainan sepakbola adalah permainan yang lebih mengutamakan permainan kerja sama. Lebih lanjut dijelaskan dalam tulisan Yuda Muhammad Awaluddin (2013:1) bahwa “Tujuan dari bermain sepakbola bagi anggota tim dalam sebuah pertandingan adalah berusaha menguasai bola, memasukan bola ke gawang lawan, dan menjaga agar gawang sendiri tidak kemasukan bola”. Permainan sepakbola merupakan permainan beregu yang membutuhkan kerja sama yang solid antar sesama anggota tim. Seperti yang kemukakan oleh Usli et al (2008:21) dikutip dari tulisan Yuda Muhammad Awaluddin (2013:1) bahwa “Seorang pemain sepakbola harus memenuhi syarat yang baik sebagai individu maupuan sebagai anggota tim”.
Menurut Robert S. Weinberg dan Daniel Gould (2003:158) mengemukakan bahwa “Dalam upaya untuk mempelajari pengembangan tim, orang telah mengajukan teori yang berbedaDasarnya teori ini jatuh ke dalam salah satu dari tiga kategori yaitu, kelompok berkembang secara bertahap atau secara linear (teori linear) yang liputi beberapa tahap yaitu tahap forming, storming, norming dan performing, kelompok mengikuti pola siklus (teori siklus) dan kelompok berkembang dalam pendulum seperti cara (teori pendular)
Dalam menciptakan sebuah tim yang solid dikenal adanya dinamika tim dan kelompok yang dipengaruhi oleh kohesivitas, motivasi anggota, struktur tim dan kelompok, kepemimpinan tim dan kelompok dan perkembangan tim dan kelompok. Dalam rangka menciptakan kekompakan tim, setiap tim perlu membangun iklim yang efektif atau suasana di dalam tim dibentuk dari bagaimana pemain saling berinteraksi dengan pemain yang lain di dalam tim itu sendiri. Pelatih tentunya memiliki persepsi mereka sendiri di dalam tim, Persepsi pemain dan evaluasi penyusun iklim tim. Pelatih memegang peranan kunci dalam menciptakan iklim atau suasana didalam tim yang positif. Beberapa faktor dalam iklim tim dapat berubah dengan mudah dari pada yang lain, tetapi dapat mempengaruhi keefektifan fungsi sebuah kelompok (Zander, 19982). Beberapa faktor yang mempengaruhi iklim di dalam tim yaitu adanya dukungan yang baik, kedekatan, kekhususan dan kejujuran.
Persepsi atlet terhadap kohesivitas timnya akan berpengaruh pada penampilan atlet ketika bertanding. Atlet yang mempersepsikan kohesivitas kelompoknya secara baik cenderung akan memiliki kepercayaan diri ketika bertanding dan mampu menekan kecemasan yang ia rasakan. Menumbuhkan rasa percaya terhadap rekan satu tim dapat membuat atlet fokus pada permainan untuk mencapai tujuan bersama. Kelompok atlet yang mempersepsikan kohesivitas kelompok dengan baik cenderung akan melakukan kerjasama secara terorganisir. Komunikasi yang mereka lakukan dapat terjalin dengan baik dan mengurangi resiko kesalahan persepsi dalam berkomunikasi.  
Jika sebuah tim telah membangun iklim yang efektif dalam perjalanannya menuju tujuan yang menciptakan kekompakan tim yang solid, maka perlulah tim tersebut mempertahankan jika perlu lebih meningkatkan lagi kekompakan itu. Hal yang dapat dilakukan dalam memelihara kekompakan yaitu, meningkatkan komunikasi secara tetap, terus menerus dan terbuka, membuat kriteria yang jelas untuk menyeleksi tim, menekankan pada anggota tim agar membagi pengalamannya pada anggota tim lainnya, menyusun tujuan tim, menerima perbedaan individual dan menggunakan kemampuan individu dengan tetap memahami dan menghargai kelemahan masing-masing, membentuk kelompok-kelompok yang lebih kecil yang bertanggung jawab terhadap kelompok yang lebih besar melalui bimbingan pelatih lain dan/atau anggota tim yang mempunyai rasa tanggung jawab, menyediakan kesempatan untuk berhasil melalui dorongan positif dan negatif, memuji adanya kerjasama yang baik ketika kalah maupun menang dan menghargai usaha seluruh anggota tim, tidak hanya usaha perorangan saja, menyusun tujuan tim yang realistis maupun tujuan individual, merencanakan tanggung jawab setiap anggota tim terhadap timnya, tidak mengharapkan apa-apa lagi dari tim selain apa yang diinginkan, mempertahankan kesadaran interaksi kelompok, memperhatikan, mendengarkan dan mau menerima kebutuhan dan usul-usul perorangan dan tim serta menentukan proses pemenuhan atau pencapaian tujuan, bukan hanya hasil akhir.
Secara singkat dapat kita simpulkan bahwa selain fisik, teknik dan strategi yang dibutuhkan dalam meningkatkan prestasi sepakbola, perlu adanya kekompakan dalam tim sepakbola untuk bisa memenangkan sebuah kejuaraan. 
B. Saran 
Saran yang dapat diberikan dalam penulisan makalah adalah bagi para atlet sebaiknya dapat mempertahankan kekompakan tim dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan performance. Hal ini di upayakan agar atlet dapat mencapai tujuan bersama. Bagi Pelatih sebaiknya turut memperhatikan pembinaan psikologis atlet seperti memberikan pelatihan softskill untuk mempertahankan motivasi berprestasi dan membangun kohesivitas kelompok agar kemampuan psikis atlet dapat berkembang beriringan dengan kemampuan bermain atlet.
Penulis sadar bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu penulis mengharapkan saran yang membangun dari pembaca, sehingga penulisan-penulisan berikutnya bisa lebih baik lagi. 





DAFTAR PUSTAKA
Greenberg, Jerald and Baron, Robert A. 2003. Behavior in Organizations (Eight Edition). Prentice Hall: New Jersey.

Halimus Sakdiah dan Tri Puji Astuti. 2015. Hubungan Antara Kohesivitas Kelompok Dengan Motovasi Berprestasi Pada tlet Cabang Olahraga Beregu (Studi Pada Atlet Sepakbola Kabupaten Demak). Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Dipenogoro. Diambil pada http://www.ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/article/. Diakses pada tanggal 10 Maret 2016 pukul 07.57 wib.

Harsono. 1988. Coaching Dan Aspek-Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta: CV. Tambak Kusuma.

Imam Mustopa. 2015. Hubungan Kohesivitas Terhadap Prestasi Tim Sepakbola Pada Pertandingan Antar Kelas SMP Negeri 11 Kotabumi. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Diambil pada http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/8014/4943. Diakses pada tanggal 10 Maret pukul 08.38 wib.

Kang Ikal. 2015. Kekompakan: Kunci Memaksimalkan Motovasi Tim. Diambil pada www.hiithighintensityintervaltraining.go.html. Diakses pada tanggal 10 Maret 2016 pukul 19.37 wib.

M. Bachroni. 2011. Pelatihan pembentukan Tim Untuk Meningkatkan Kohesivitas Tim pada Kopertis V Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Diambil pada http://jurnal.psikologi.ugm.ac.id/index.php/fpsi/article/view/20. Diakses pada tanggal 10 Maret 2016 pukul 08.50 wib.

Mas Wigrantoro Roes Setiyadi dan Manerep Pasaribu. 2005. Dinamika Kelompok: Apa Dan Bagaimana Membangun Teamwork Yang Efektif. Jakarta: Program Doktoral Strategic Managemen Universitas Indonesia. Diambil pada dinamika_kelompok_r3.pdf. Diakses pada tanggal 10 Maret 2016 pukul 20.16 wib.

Rizki. 2011. Dinamika Tim Dan Grup Mata Kuliah Psikologi Olahraga. Diambil pada penjaskes_pendidikanjasmanikesehatan.blogspot.co.id.html. Diakses pada tanggal 10 Maret 2016 pukul 20.10 wib.

Weinberg, Robert S. and Daniel Gould (2003). Foundation of Sports and Exercis Psychology. USA. Human Kinetics. Canada

Yuda Muhammad Awaluddin. 2013. Kontribusi Keterampilan Juggling Kaki Dan Agility Terhadap Dribbling Pada Cabang Olahraga Sepakbola (Studi Pada UKM Sepakbola UPI Bandung). Diambil pada S_KOR_0609709_chapter 1.pdf. Diakses pada tanggal 10 Maret 2016 pukul 18.44 wib.


Komentar

Postingan populer dari blog ini